Iklan Politik

Sering kali kita melihat iklan politik bertebaran di TV. Sah sah saja. Tidak ada yang melarang. Tapi, sangat disayangkan berapa banyak dana yang dikucurkan oleh mereka untuk iklan politik tersebut. Menurut seorang teman sekali tayang untuk durasai 15 detik butuh biaya 15 juta (mungkin juga bisa lebih). 😉

Asumsinya begini, kalau iklan komersial menayangkan iklan biar produk mereka semakin dikenal masyarakat. Kalau semakin dikenal maka peluang meningkatnya penjualan tentu akan semakin besar. Dan untung yang diraih perusahaan tersebut semakin besar. Sehingga mampu menutupi biaya iklan TV yang besar.

Nah, kalau iklan politik darimanakah dananya? yang saya takutkan kalau mereka jadi pemimpin nanti. Mereka bakal “mencari cara” untuk mengembalikan modal yang telah mereka atau partai keluarkan. Baik secara langsung (korupsi) atau secara tidak langsung ( misal : memenangkan tender bagi mereka yang memberi uang pelicin lebih). Kalau sang pemimpin sibuk mencari cari balikin modal, bagiamana nasib rakyatnya?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s