Tips Mencari Kerja di Internet

Kalau kemarin saya sudah bahas banyaknya lowongan kerja baru di internet. Sekarang saya akan membahas tips-tips mencari lowongan kerja di internet.

Begitu banyaknya web penyedia info bursa lowongan kerja dan karir, terkadang membuat kita bingung web lowongan kerja mana yang memberikan informasi yang valid. Karena, tidak jarang blog/web lowongan kerja tidak mencantumkan apakah info lowongan kerja tersebut sudah expired atau belum.

Anda perlu berhati-hati dengan isi lowongan pekerjaan yang tidak jelas. Jangan asal mengirimkan Curriculum Vitae anda. Karena CV anda sangat berharga dan bisa diperjualbelikan oleh orang yang kurang bertanggung jawab.

Beberapa Tips mencari lowongan kerja di internet,

  1. Siapkan semua keperluan orang mencari kerja seperti Email, CV, Contoh surat lamaran kerja (kalau bisa english)
  2. Cari lowongan kerja di search engine seperti google atau di situs lowongan kerja favorit Anda.
    Misal anda ingin mencari lowongan kerja CPNS, ketikan di serch : Lowongan Kerja CPNS Dosen. Nanti akan muncul beberapa hasil pencarian, anda bisa lihaat satu persatu.
  3. Pastikan anda melihat info tanggal berakhirnya lowongan kerja tersebut. Kalau tidak ada, lihat kapan info kerja tersebut diposting. Kalau lebih dari 1 bulan, biasanya sudah expired. Kecuali, ada keterangan kapan berakhirnya.
  4. Kalau dilowongan tersebut, anda disuruh memasukkan CV dan biodata via email, pastikan dulu email tujuan tersebut memakai web perusahaan tersebut.
    Misal : lowongan kerja di bank. pastikan alamat email tersebut adalah (misal) karir@lippobank.co.id
    Kalau misal email tujuan lain, maka ada 2 kemungkinan
    – Perusahaan tersebut memakai jasa outsourcing dalam perekrutan calon pegawainya. Kalau iya, cek dulu apakah outsourcing tersebut benar-benar sedang mendapatkan mandat dari perusahaan untuk seleksi karyawan baru. Bisa di cek di web perusahaan outsourcing tersebut.
    – Lowongan berasal dari orang dalam di sebua perusahaan. Konfirmasikan info tersebut ke pemilik blog/website yang memasang iklan lowongan kerja tersebut. Untuk memastikan bahwa lowongan itu memang ada.
  5. Kalau alamat email tujuan bukan dari perusahaan dan Anda tidak mendapatkan konfirmasi yang jelas baik pemasang iklan lowongan kerja atau perusahaan, lebih baik anda abaikan lowongan kerja tersebut.
  6. Kalau didalam iklan lowongan kerja ada keterangan nomor Telp perusahaan, lebih baik anda menelpon ke perusahaan tersebut untuk memastikan bahwa ada lowongan kerja di perusahaan tersebut

Itulah beberapa tips mencari kerja dan internet. Kalau ada yang kurang silahkan ditambahi dikomentar. Semoga bermanfaat. 😉

Advertisements

One thought on “Tips Mencari Kerja di Internet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s