Manajemen Keuangan Pribadi

Banyak orang yang sering mengeluh dengan biaya hidup yang tidak cukuplah, susah menabunglah, atau alasan lainnya. Sebenarnya pokok persoalannya adalah seberapa pandai anda me manage keuangan pribadi anda? Penghasilan besar tapi manajemen keuangannnya buruk akan membuat kita merasa selalu kurang. Tapi, walau penghasilan standar (baca:pas-pasan) dengan manajemen keuangan yang baik, Insya Allah kita akan selalu merasa berkecukupan.

Bagaimanakah Manajemen Keuangan yang Baik?

Menurut saya kita harus bisa memposkan semua penghasilan yang kita terima pada tempatnya. Jangan campur adukkan pos keuangan yang satu dengan yang lain. Kalau anda bisa memegang teguh aturan tersebut maka anda bisa mengelola keuagan dengan baik.

Contoh prosentase manajemem keuangan pribadi:
%40 untuk biaya hidup
%30 untuk tabungan
%20 cicilan
%10 untuk senang – senang (lifestyle)

Saya kurang setuju kalau ada orang yang mengabaikan post untuk “memanjakan diri”. Mereka beranggapan kalau %10 untuk bersenang-senang sama dengan pemborosan. Saya rasa tidak, ada saatnya kita menyenangkan diri sendiri entah dengan berbelanja, jalan-jalan, ataupun makan-makan. Kita harus bisa memberikan reward kepada diri kita yang telah kerja keras. Apakah kita mau kerja tiap hari tapi tidak pernah merasakan sedikit kesenangan. Jangan sampai anda menyesal di hari tua dengan mengeluh tidak pernah merasakan pizza ketika muda. 😉

Advertisements

3 thoughts on “Manajemen Keuangan Pribadi

  1. saya seorang pria, dan saya setuju dengan ungkapan “seorang pria yang kacau dengan masalah keungannya akan mengacaukan seluruh hidupnya”. mungkin ini berlaku juga untuk semua individu. kalo kehidupan ingin sejahtera, mengatur keuangan adalah salah satu pilihan terbijak yang bisa kita ambil. dan tips yang paling ampuh adalah menabung, sebenarnya selalu ada uang untuk ditabung, besarnya tentu saja disesuaikan dengan keadaan penghasilan kita. tunggu saja, andaikan anda setia dengan keputusan anda untuk menabung,anda akan terkejut nantinya bahwa anda bisa membiayai pernikahan anda sendiri dan membawa kendaraan milik peribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s