Freelancer Juga Pahlawan Devisa

Mungkin kita sudah sering mendengar kalau TKI adalah pahlawan devisa negara. Karena mereka bekerja di luar negeri dan “mengirimkan” dollar/Real ke Indonesia tiap tahunnya dalam jumlah yang sangat besar. Sehingga cadangan devisa negara kita semakin kuat.

Namun, selain TKI ada juga pahlawan devisa dari bidang lain yakni para freelancer di internet. Mereka mengerjakan freelance project dari negara lain yang meng-outsource-kan projectnya. Setiap selesai mengerjakan freelance project mereka mendapatkan upah berupa dollar. Dan “membawanya” ke negara indonesia. So, freelancer juga bisa dikatakan sebagai pahlawan devisa.

Sayangnya pemerintah masih “kurang peduli” dengan para freelancer. Mereka “enggan” memberikan tarif internet, yang menjadi alat utama dalam melakukan proses negosiasi project freelance dengan orang luar, dengan harga yang murah. Sekali muncul “harga murah” kalau lagi promo saja. Dan koneksinyapun sangat lambat. 😦

Kapan ada internet murah di Indonesia? kapan freelancer di permudah? tanya kenapa

note : Freelancer disini adalah mereka yang bekerja secara online di internet dengan pekerjaan nyata, bukan mereka yang hanya pintar melakukan scam ke negara-negara lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s